REVIEW JURNAL SISTEM INFORMASI DI BIDANG KESEHATAN


Link jurnal : https://ojs.unikom.ac.id/index.php/senaski/article/view/943/715

Judul : SISTEM INFORMASI PELAYANAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT 1 (PUSKESMAS) TERINTEGRASI KOTA CIMAHI

Jurnal : Prosiding Seminar Nasional Komputer dan Informatika (SENASKI)

Halaman : hal 163-168

Tahun : 2017

ISBN : 978-602-60250-1-2

Penulis : Mochammad Riyan Nendyari Yufrizal, Faiza Renaldi, Fajri Rakhmat Umbara

Reviewer : Siti Nurhasanah - 173100009

Tanggal : 24 Maret 2020


Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini agar Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Cimahi dapat mengoptimalkan kesehatan masyarakat dengan memberikan informasi pelayanan kesehatan agar dapat terkomputerisasi dan terintegrasi rekam medis pasien hingga alur proses bisnis dalam bentuk jaringan kordinasi antara dinas kesehatan dan pelayanan kesehatan daerah atau puskesmas.


Pendahuluan

Bentuk pelayanan publik oleh pemerintah menjadi pemenuh kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat seperti puskesmas pada tingkat pertamma yang lebih mengutamakan promotif dan preventif. Pelayanan kesehatan merupakan konsep yang digunanakan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Sistem kesehatan merupakan suatu jaringan penyedia pelayanan kesehatan terpadu yang oprimal dalam tercapainya tujuan nasional. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sistem pelayanan konvesional harus bergeser menjadi sistem pelayanan electronic untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam mengakses informasi. Dengan membangun “Sistem Informasi Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 (Puskesmas) Terintegrasi Kita Cimahi” dalam mengoptimalkan sarana informasi kesehatan agar dapat diterima oleh masyarakat kota cimahi.


Metode Penelitian

Metode penelitian diantaranya sebagai berikut :
  1. Metodologi interview, dimana wawancara dilakukan untuk mendapatkan data kebutuhan.
  2. Menggunakan metode UML berupa use case diagram dan gambaran struktur menu seperti super admin, admin, bagian administrasi, kepala puskesmas, bagian rujukan, petugas rekam medis, dokter dan pasien. 


Pembahasan


Sistem yang dihasilkan berupa gambaran tampilan halaman pasien, halaman login dan halaman admin. Sistem informasi pelayanan fasilitas kesehatan tingkat 1 (puskesmas) terintegrasi Kota Cimahi ini memiliki 2 tampilan yaitu  mobile untuk pasien dan desktop untuk pengguna sistem seperti super admin, admin, bagian administrasi, bagian rujukan, petugas rekam medis, dokter dan kepala puskesmas.


Kesimpulan

Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu dan sistem yang dibangun dapat mengatasi permasalahan seperti :
  1. Variable waktu dan jarak yang tidak dapat ditentukan estimasinya.
  2. Variable data antrian yang tidak dapat ditentukan jumlah dan waktu tunggunya.
  3. Tidak diketahuinya variable data rekaman medis sebelumnya dalam rujukan berdasarkan riwayat penyakit pasien. 



Daftar Pustaka

[1]   Guardian Yoki Sanjaya1), Ni’mah Hanifah 2) "Integrasi Sistem Informasi : Akses Informasi Sumberdaya Fasilitas Kesehatan dalam Pelayanan Rujukan," Jurnal Sisfo, vol. 06 No. 01 (2016) Hal 49 – 62 Agustus, 2016.
[2]   Evy Hariana1), Guardian Yoki Sanjaya2) "Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di DIY," Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, vol. 3 Hal 2 – 4 Desember, 2013.
[3]   Carwoto1), Bambang Wijayanto 2) " ," Jurnal Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi, No. 04 (2013) Hal. 142 – 151, April, 2013.
[4]   Berliana Kusumas Riasti Sinta Susilowati, "Pembuatan Sistem Informasi Klinik Rawat Inap Prima Husada Widoro Pacitan Berbasis Website," Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 3 No 1, no. ISSN Print : 1979-9330, ISSN Online : 2088-0154, 2011.
[5]   Lilyani Asri Utami, "Sistem Informasi Administrasi Pasien Pada Klinik Keluarga Depok," Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KNIT), no. ISBN:978-602-72850-0-2, 2015.

Komentar

Postingan Populer