REVIEW JURNAL SISTEM INFORMASI DI BIDANG KESEHATAN
Link
jurnal : https://ojs.unikom.ac.id/index.php/senaski/article/view/943/715
Judul : SISTEM
INFORMASI PELAYANAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT 1 (PUSKESMAS) TERINTEGRASI KOTA
CIMAHI
Jurnal : Prosiding
Seminar Nasional Komputer dan Informatika (SENASKI)
Halaman : hal 163-168
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-60250-1-2
Penulis : Mochammad
Riyan Nendyari Yufrizal, Faiza Renaldi, Fajri Rakhmat Umbara
Reviewer : Siti Nurhasanah - 173100009
Tanggal : 24 Maret 2020
Abstraksi
Tujuan
dari penelitian ini agar Dinas Kesehatan Pemerintah Kota
Cimahi dapat mengoptimalkan
kesehatan masyarakat dengan memberikan informasi pelayanan kesehatan agar dapat
terkomputerisasi dan terintegrasi rekam medis pasien hingga alur proses bisnis
dalam bentuk jaringan kordinasi antara dinas kesehatan dan pelayanan kesehatan
daerah atau puskesmas.
Pendahuluan
Bentuk pelayanan publik oleh pemerintah menjadi pemenuh
kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat seperti puskesmas pada tingkat
pertamma yang lebih mengutamakan promotif dan preventif. Pelayanan kesehatan
merupakan konsep yang digunanakan dalam memberikan layanan kesehatan kepada
masyarakat. Sistem kesehatan merupakan suatu jaringan penyedia pelayanan
kesehatan terpadu yang oprimal dalam tercapainya tujuan nasional. Dengan kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi sistem pelayanan konvesional harus bergeser
menjadi sistem pelayanan electronic untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam
mengakses informasi. Dengan membangun “Sistem Informasi Pelayanan Fasilitas
Kesehatan Tingkat 1 (Puskesmas) Terintegrasi Kita Cimahi” dalam mengoptimalkan
sarana informasi kesehatan agar dapat diterima oleh masyarakat kota cimahi.
Metode Penelitian
Metode
penelitian diantaranya sebagai berikut :
- Metodologi interview, dimana wawancara dilakukan untuk mendapatkan data kebutuhan.
- Menggunakan metode UML berupa use case diagram dan gambaran struktur menu seperti super admin, admin, bagian administrasi, kepala puskesmas, bagian rujukan, petugas rekam medis, dokter dan pasien.
Pembahasan
Sistem yang dihasilkan berupa
gambaran tampilan halaman pasien, halaman login dan halaman admin. Sistem informasi
pelayanan fasilitas kesehatan tingkat 1 (puskesmas) terintegrasi Kota Cimahi ini
memiliki 2 tampilan yaitu mobile untuk
pasien dan desktop untuk pengguna sistem seperti super admin, admin, bagian
administrasi, bagian rujukan, petugas rekam medis, dokter dan kepala puskesmas.
Kesimpulan
Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat
membantu dan sistem yang dibangun dapat mengatasi permasalahan seperti :
- Variable waktu dan jarak yang tidak dapat ditentukan estimasinya.
- Variable data antrian yang tidak dapat ditentukan jumlah dan waktu tunggunya.
- Tidak diketahuinya variable data rekaman medis sebelumnya dalam rujukan berdasarkan riwayat penyakit pasien.
Daftar Pustaka
[1]
Guardian Yoki
Sanjaya1), Ni’mah Hanifah 2) "Integrasi Sistem Informasi : Akses Informasi
Sumberdaya Fasilitas Kesehatan dalam Pelayanan Rujukan," Jurnal Sisfo,
vol. 06 No. 01 (2016) Hal 49 – 62 Agustus, 2016.
[2]
Evy Hariana1), Guardian
Yoki Sanjaya2) "Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di
DIY," Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, vol. 3 Hal 2 – 4
Desember, 2013.
[3]
Carwoto1), Bambang
Wijayanto 2) " ," Jurnal Pengembangan dan Implementasi Sistem
Informasi, No. 04 (2013) Hal. 142 – 151, April, 2013.
[4]
Berliana Kusumas Riasti
Sinta Susilowati, "Pembuatan Sistem Informasi Klinik Rawat Inap Prima
Husada Widoro Pacitan Berbasis Website," Journal Speed – Sentra Penelitian
Engineering dan Edukasi, vol. 3 No 1, no. ISSN Print : 1979-9330, ISSN Online :
2088-0154, 2011.
[5]
Lilyani Asri Utami,
"Sistem Informasi Administrasi Pasien Pada Klinik Keluarga Depok,"
Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KNIT), no.
ISBN:978-602-72850-0-2, 2015.
Komentar
Posting Komentar